Selamat Datang di Zimantartili
Home » » Makna 17 Agustus dalam Agama Islam

Makna 17 Agustus dalam Agama Islam

Written By syaiful rohman on Jumat, 16 Agustus 2013 | 19.43




Tak terasa sudah 68 Tahun Indonesia merayakan kemerdekaannya dari penjajahan, Para pahlawan rela mengorbankan harta benda dan  nyawa demi untuk lepas dari penindasan bangsa lain. Di dalam hati mereka hanya ada satu kata ” Merdeka atau mati “.

Tanggal 17 Agustus 1945 adalah puncak dari perjuangan mereka untuk lepas dari penjajahan, setelah selama 3 abad lebih bangsa ini dijajah. Tentu kita bertanya-tanya ada rahasia apa dibalik 17 tersebut.
Orang yang berkewarganegaraan Indonesia dan beragama islam wajib mengetahui jenis-jenis angka 17.
 

Angka 17 yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1. 17 Rakaat dalam shalat                                                                                  

           Rakaat yang dimaksud adalah 3 rakaat shalat maghrib, 4 rakaat shalat isya, 2 rakaat shalat subuh, 4 rakaat dhuhur dan 4 rakaat ashar. Kalau dijumlahkan semua : 3 + 4 + 2 + 4 + 4 = 17.
2. 17 ramadhan
            Angka 17 Ramadhan bagi ummat islam adalah sangat penting maknanya. Hal itu disebabkan pada tanggal 17 ramadhan, pertama kali Kitab suci al-qur’an diturunkan kepada Baginda Nabi Besar  uhammad SAW di gua hira. Sehingga setiap tahun pada 17 ramadhan diperingati sebagai Nuzulul qur’an 
3. 17 Agustus
            Tanggal 17 Agustus 1945, memiliki arti historis bagi bangsa Indonesia. Sebab pada tanggal itu,
Indonesia diproklamirkan sebagai negara merdeka ke penjuru bumi oleh Ir. Sukarno dan Hatta.


Ada satu pertanyaan yang sampai sekarang masih jadi teka-teki, bagaimana bisa bambu runcing bisa mengalahkan meriam penjajah belanda. ( Kalau Meriam bellina sih gampang dikalahkan, hehehehe ). Secara logika, tidak masuk akal, namun itulah faktanya. Apakah Para Kyai dan santrinya di pesantren, ulama dengan jamaahnya dan seluruh rakyat Indonesia bangkit melawan penjajah hanya bermodalkan senjata bambu runcing ? Jawabannya tidak. Mereka mengangkat bambu runcingdisertai dengan semangat 17 rakaat shalat lima waktu. Pejuang kita sangat yakin bahwa Allah SWT akan memberikan
pertolongan dalam perjuangan merebut kemerdekan. Sebagaimana di dalam sejarah tertulis dengan baik pertempuran 300 orang umat islam melawan 1000 kafir quraisy dalam perang badar. Pertempuran itu dimenangkan oleh umat islam. Para pendahulu kita sangat yakin mampu mengalahkan senjata meriam canggih milik Belanda hanya dengan senjata bamboo runcing. Sebab Allah berjanji akan memberikan pertolongan kepada umatnya yang teraniaya !


Namun apakah spirit 17 rakaat itu
masih menjadi pegangan kita
untuk mengisi kemerdekaan ? Silakan Anda Jawab Sendiri…..!

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !