Selamat Datang di Zimantartili
Home » » MAKNA BULAN SYAWAL PASCA LEBARAN 2013

MAKNA BULAN SYAWAL PASCA LEBARAN 2013

Written By Tartili on Jumat, 23 Agustus 2013 | 09.45



 الحمد لله الذى خلق الانسان فى احسن تقويم أشهد أن لاإله إلاالله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله لا نبي بعده. أللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولنا محمد وعلى اله وأصحابه والتابعين وتابع التابعين وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن. فياأيها الناس, اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون. أعوذ بالله من الشيطان الرجيم إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ أما بعد.
Hadirin jamaah shalat jumat yang berbahagia
Tak ada kalimat yang lebih berharga, dibanding kalimat dzikir yang diucapkan hamba untuk Tuhannya, tak ada penghargaan yang paling tinggi selain rasa syukur yang dipanjatkan kepada Allah SWT, tak ada ketaatan yang paling dalam, selain kepasrahan dan rasa tawakkal kita kepada dzat yang memberikan kita segalanya, Allah SWT. Di tempat yang penuh berkah ini, khatib mengajak hadirin semua untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah, syukur sebagai bentuk peningkatan takwa sang hamba kepada Maha pencipta, syukur dalam arti mempergunakan segala nikmat hanya untuk ibadah kepada Allah SWT.

Hadirin jamaah shalat jumat yang berbahagia
Baru beberapa minggu kemarin kita baru saja ditinggalkan oleh bulan suci ramadhan, hari raya idul fitri pun sudah kita jalani dengan berbagai macam cara dan acara, dari kumandang takbir, tabuh bedug, makan ketupat, sampai kunjung mengunjung sanak keluarga dan hiruk pikuknya acara pulang kampung atau mudik. Indah terasa ketika itu, saat kita bertemu keluarga, sanak saudara dan para sahabat-sahabat kita juga tetangga-tetangga yang berkumpul bercengkerama dan saat hari raya idul fitri. Ini adalah fenomena dan momentum berharga, karena mungkin hanya ada satu tahun sekali.

 Dan kini telah tibalah, kita memasuki di bulan syawal, bulan ke-sepuluh dari tahun hijriyah, bulan syawal adalah bulan yang mengandung tuntutan agar manusia meningkatkan segala amal ibadah nya, karena kata Syawal itu sendiri mempunyai arti berkembang , tumbuh atau meningkat.
Kalau selama bulan ramadlon kita semua sudah melaksanakan segala tuntunan Alloh, dengan berpuasa satu bulan penuh, sholat teraweh, membaca Al-Quran, sedekah dan amal2 sholih lainnya, berarti kita telah membakar dosa, membakar noda, kita telah menggilas habis-habisan segala nafsu syaithoniyyah.
Hadirin jamaah shalat jumat yang berbahagia
Demikianlah seharusnya. Paska Ramadhan, diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat taqwa, menjadi muttaqin. Hingga mulai bulan Syawal kualitasnya meningkat. Kualitas ibadah, juga kualitas diri seseorang. Sesuai dengan janji Alloh
إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ
...Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu ialah orang yang paling bertaqwa… (QS. Al-Hujurat : 13)
Lalu bagaimana amal seorang muslim di bulan Syawal? Sejalan dengan makna syawal, maka harus ada peningkatan di bulan ini. Dan peningkatan itu tidak lain adalah berangkat dari sikap istiqamah. Menetapi agama Allah, berjalan lurus di atas ajarannya.
فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
Maka istiqamahlah kamu, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Huud : 112)

Bentuk sikap istiqamah ini dalam amal adalah dengan mengerjakannya secara kontinyu, terus-menerus.

Hadirin jamaah shalat jumat yang berbahagia
Maka amal-amal yang telah kita biasakan di bulan Ramadhan, hendaknya tetap dipertahankan selama bulan Syawal dan bulan-bulan berikutnya. Membaca Al-quran  kita. Shalat Jamaah kita, Solat Sunah kita, di bulan Syawal ini hendaknya kita tidak meninggalkan shalat tahajud dan witirnya. Infaq dan shadaqah yang telah kita lakukan juga kita pertahankan. Demikian pula nilai-nilai keimanan yang tumbuh kuat di bulan Ramadhan. hendaknya tetap ada dalam bulan Syawal dan semakin meningkat. Yang akhirnya kita selalu memohon pada Alloh, agar kita senantiasa diberi akhiran yang Khusnul Khotimah Aamiin..
بارك الله لي ولكم فى القران العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الايات والذكر الحكيم أَقُوْلُ قَوْلِي هَذا وأَسْتَغْفِرُ اللهَ العظيم لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ
II
الحمدلله الذى ارسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على دين كله ولو كره الكافرون
اشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين. امابعد !
فياايهاالناس اتقوالله, إن الله امركم بأمر بداء بنفسه وثنى بملائكته وأيه بالمؤمنين من عباده, فقال تعالى فى كتابه العظيم, إن الله وملائكته يصلون على النبى ياايهاالذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما, اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه وعلى اربعة الخلفاءالراشدين سيدنا ابى بكر وعمر وعثمان وعلي والتابعين وتابع التابعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين برحمتك ياارحم الراحمين
.اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات ياقضي الحاجات,     اللهم الف بين قلوبنا واصلح دات بيننا واهدناالسبل السلام ونجنا من الظلمات الى النوروجنبنا فواخش ماظهر وما بطن وبارك لنا فى اسما ئنا وابصارنا وقلوبنا وازواجنا وذرياتنا وتلاميذنا وتب علينا انك انت التواب الرحيم. اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا، وجَعَلَنَا اللهُ وَإيَّاكُمْ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَأدْخَلَنَا وَإيَّاكُمْ فِيْ عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ  
ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الأخرة حسنة وقنا عذابالنار.
عبادالله, إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفحساء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون, 
فاذكروالله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولذكرالله أكبر
Jum'at Wage 23 Agustus 2013
Khotib: Ust. Syaiful Rohman
Masjid DARUNNAJA 
BENGKULU 



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !