Selamat Datang di Zimantartili
Home » » KEUTAMAAN SHOLAT JUM'AT

KEUTAMAAN SHOLAT JUM'AT

Written By syaiful rohman on Jumat, 19 April 2013 | 00.25



Kutbah Pertama
Jum’at Pon 19 April 2013
Khotib : Ustd. Syaiful Rohman
Di        : Masjid Darunnaja Bengkulu

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَمَرَناَ باِلاِْعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ وَالإِبْتِعاَدِ عَنِ العاَدَاتِ الجاَهِلِيَّةِ.  أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلهَ إِلاَّ الله ُوَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا نَبِيَّ الرَحْمَةِ وَقُدْوَةَ الأُمَّةِ لِنَيْلِ السَعَادَةِ فيِ الدُنْيَا وَالآخِرَةِ، فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ،
فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوصِيْكُمْ وَإِيّاَيَ بِتَقْوَى اللهِ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
Hadirin sidang sholat jum’ah yang berbahagia,
Mari kita bersama-sama meningkatkan rasa Taqwa kita kepada Alloh SWT, dengan Taqwa yang sesungguhnya, ya’ni melaksanakan segala perintah-perintah Alloh, dan menjauhi segala larangan Nya.
Sidang Sholat Jum’ah yang berbahagia,
Alhamdulillah pada kesempatan ini kita sudah memasuki di Bulan Jumadillakhir, yang bertepatan dengan hari jum’at  Tgl 19 April 2013, dan ketahuilah, sesungguhnya hari Jum'at adalah hari yang agung,  Allah Subhanahu wa Ta'ala mengagungkan Islam melalui hari jum’at  dan menjadikannya sebagai ciri khas ummat Muhammad.  Pada hari ini, setiap Muslim dianjurkan memperbanyak zikir kepada Allah dan membaca Al Qur-an. Dan disunnatkan kepada semua orang mandi dan bersuci terlebih dahulu, kemudian memakai wewangian dan pakaian yang terbaik. Bahkan lebih disunnatkan untuk memakai wewangian yang terbaik, agar bisa membangkitkan kesegaran dan mengusir bau yang tidak sedap dari para hadirin yang berada di masjid. Akan halnya pakaian yang dikenakan, maka yang paling disunnatkan adalah pakaian berwarna putih sebagaimana tersebut dalam hadits. Sedangkan memakai pakaian yang beragam corak, maka makruh hukumnya.
Kaum Muslimin, rahimakumullah.
Berpagi-pagi atau bersegera menuju shalat Jum'at mempunyai pahala yang besar. Dan untuk itu hendaknya seseorang berjalan dengan khusyu' dan tawadhu' kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda,:
عن ابي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسوالله صلى الله عليه وسلم من اغتسل يوم الجمعة الجنابة ثم راح فكانما قرب بدنة ومن راح فى الساعة الثانية فكأنما قرب بقرة ومن راح فى الساعة الثالثة فكأنما قرب كبشا اقرن ومن راح فى السا عة الرابعة فكأنما قرب دجاجة ومن راح فى الساعة الخامسة فكأنما قرب بيضة , فإذا خرج الإمام حضرت الملئكة يستمعون الذكر (متفق عليه)  
Artinya:
“Dari Abi Hurairoh r.a berkata, Rosul Saw telah bersabda: “Barangsiapa yang mandi pada hari jum’at , mandinya seperti mandi jinabat (mandi besar)  kemudian bergegas  berangkat shalat Jum'at pada waktu yang pertama, seolah olah ia telah berkorban seekor unta. Barangsiapa berangkat pada waktu kedua, seolah-olah ia telah berkorban seekor sapi. Barangsiapa berangkat pada waktu ketiga, seolah-olah ia telah berkorban seekor domba yang bertanduk. Barangsiapa berangkat pada waktu keempat, seolah-olah ia telah berkorban seekor ayam betina. Dan barangsiapa berangkat solat jum’at  pada waktu kelima, maka seolah-lah ia telah berkorban sebutir telur ayam."
“Dan pabila Imam (khotib) telah naik mimbar untuk menyampaikan khutbahnya, maka  semua buku catatan ditutup, dan disimpan, selanjutnya para  Malaikat itu berkumpul dan  mendengarkan khutbah”.(HR. Mutafaq Alaih)
Kaum Muslimin, rahimakumullah.
Jadi, apabila hari jum’at telah tiba hendaknya kita cepat-cepat bergegas untuk menyiapakan diri menuju masjid, dan apabila Khotib  sudah naik mimbar, maka dianjurkan kepada jama'ah untuk menghentikan pembicaraan dan agar menyibukkan diri dengan menjawab bacaan adzan, kemudian mendengarkan khutbah. Sesuai dengan Firman Alloh:
اعوذبالله من الشيطان الرجيم, ياايهاالذين امنوا اذانودى للصلوة من يوم الجمععة فاسعواالى ذكرالله وذرواالبيع, ذلكم خيرلكم ان كنتم تعلمون
Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman! Apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at, maka bersegerahlah kalian menuju dzikir kepada Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui." (Al-Jumu'ah: 9).

Sidang sholat jum’ah yang berbahagia,
Oleh sebab itu marilah kita senantiasa bersama-sama berdo’a, memohon kepada Alloh mudah-mudahan kita masih diberikan rohmat, taufiq, hidayah, inayah, serta ma’unahNya, diberikan kekuatan iman, islam, kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita bersama-sama bisa melaksanakan segala rangkain amal ibadah yang telah di jelaskan tadi, kalau kita bisa melaksakan seperti itu Insya Alloh kita akan mendapatkan pahala yang sangat besar, dan akhirnya kita menjadi insan yang khusnul khotimah. Amiin….
بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنيِ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلْ مِنيِّ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ ليِ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !