Selamat Datang di Zimantartili
Home » » MENGHIDUPKAN 10 HARI AKHIR RAMADHAN

MENGHIDUPKAN 10 HARI AKHIR RAMADHAN

Written By Tartili on Jumat, 02 Agustus 2013 | 00.10

Khutbah Hari Ini Jum'at Pon 24 Romadlon 1434 H / 2 Agustus 2013 M
Khotib: Ust. Syaiful Rohman
Di : Masjid DARUNNAJA Bengkulu
Waktu Dzuhur : 12.19 WIB
KHUTBAH I

 الحمد لله الّذي جعل شهر رمضان غَرّة وجهِ العام. وأجزل فيه الفضائلَ والإنعامَ. وفضّل أيّامَه على سائر الأيّام. وعمّر نهاره بالصيام. ونوّر ليله بالقيام. أحمده سبحانه وتعالى وأشكره على التوفيق للإيمان والإسلام.
وأشهد أن لا إله إلاّ الله وحده لا شريك له شهادة من قال ربّي الله ثم استقام. وأشهد أنّ محمّدا عبده ورسوله أفضلُ من صلّى وصام. وأتقى من تجهّد وقام.
اللهمّ صلّ وسلّم وبارك على عبدك ورسولك النبيّ الأمّيّ سيّدِنا محمّدٍ خيرِ الأنامِ. وعلى آله وصحبه مصابيحَ الظّلام.
أما بعد :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
Sidang Sholat jum’at yang berbahagia…
Sebelumnya marilah kita bersama-sama meningkatkan rasa Taqwa kita kepada Alloh SWT, dengan taqwa yang sesungguh nya, ya’ni melaksanakan segala perintah-perintah Alloh, dan menjauhi segala larangan-larangan Nya,

Sidang Sholat jum’at yang berbahagia…
Waktu begitu cepat berlalu, dan kini kita telah berada di penghujung Ramadhan,  kita telah berada pada hari ke-24 Ramadhan, yang artinya tinggal beberapa hari lagi bulan suci ini akan pergi, Kalau kita perhatikan masyarakat di sekeliling kita, sebagian mereka bahkan mulai disibukkan dengan hiruk pikuk Idul Fitri, Luapan kegembiraan sudah terasa, tempat2 belanja menjadi padat, Lalu lintas lambat merayap, Banyak rumah berganti cat, Baju baru dan makanan enak juga telah siap.

Jika  gempitanya masyarakat kita berbahagia di penghujung akhir Ramadhan, maka tidak demikian dengan para sahabat dan salafus shalih. Semakin dekat dengan akhir Ramadhan, kesedihan justru menggelayuti dihati para  generasi terbaik itu, ada nuansa kesedihan yang sepertinya tidak kita miliki di masa modern ini.
Bukankah hanya di bulan Ramadhan amal sunnah diganjar pahala amal wajib, dan seluruh pahala kebajikan dilipatgandakan hingga tiada batasan?

Semua keutamaan itu takkan bisa ditemui lagi ketika Ramadhan telah pergi, Ia hanya akan datang pada bulan Ramadhan setahun lagi, Padahal tiada yang dapat memastikan apakah seseorang masih hidup dan sehat pada Ramadhan yang akan datang, Maka pantaslah jika para sahabat dan orangorang shalih bersedih, bahkan menangis mendapati Ramadhan akan pergi.

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Kita mungkin tidak bisa bersedih dan menangis sehebat para sahabat, namun selayaknya kita pun takut, sebab tak ada jaminan apakah amal kita selama 23 hari ini diterima oleh Alloh, begitu pula tak ada jaminan apakah kita masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun berikutnya.

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Masih ada waktu bagi kita sebelum Ramadhan pergi, Masih ada kesempatan bagi kita untuk memanfaatkan  akhir Ramadhan ini, Maka beberapa hari ke depan bisa kita perbaiki sikap kita, lebih bersungguh-sungguh memanfaatkan Ramadhan yang tersisa sedikit ini, yaitu dengan cara I’tikaf di Masjid, qiyamullail, sebelumnya didahului dengan shalat tarawih dengan khusyu’, Qira’atul qur’an, dzikir kepada Allah, seperti tasbih, tahlil, tahmid dan takbir, shalawat,  istighfar, berdo’a, minta ampunan pada Alloh dan melaksanakan kebaikan-kebaikan lainnya.

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,
Sepuluh akhir Ramadhan merupakan pamungkas bulan ini, sehingga hendaknya setiap manusia mengakhiri Ramadhan ini dengan kebaikan, yaitu dengan mencurahkan daya dan upaya untuk meningkatkan amaliyah ibadah di sepanjang sepuluh hari akhir Ramadhan ini, oleh sebab itu marilah kita bersama-sama berdo’a, mudah-mudahan kita senantiasa diberi rohmat taufiq hidayah, sehingga kita masih diberi kesempatan, dan umur panjang kita bisa mengisi amalan2 di akhir Romadlon ini, yang akhirnya kita menjadi Akhiran yang khusnul khotimah  Amiiin….
اعوذبالله من الشيطان الرجيم
شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان
بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم. وتفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم وتقبل الله منّي ومنكم تلاوته إنه هوالسميع العليم,
وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ


KUTBAH II
الحمدلله الذى ارسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على دين كله ولو كره الكافرون
اشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين. امابعد !
فياايهاالناس اتقوالله, إن الله امركم بأمر بداء بنفسه وثنى بملائكته وأيه بالمؤمنين من عباده, فقال تعالى فى كتابه العظيم, إن الله وملائكته يصلون على النبى ياايهاالذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما, اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه وعلى اربعة الخلفاءالراشدين سيدنا ابى بكر وعمر وعثمان وعلي والتابعين وتابع التابعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين برحمتك ياارحم الراحمين
.اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات ياقضي الحاجات,            
  اللهم الف بين قلوبنا واصلح دات بيننا واهدناالسبل السلام ونجنا من الظلمات الى النوروجنبنا فواخش ماظهر وما بطن وبارك لنا
فى اسما ئنا وابصارنا وقلوبنا وازواجنا وذرياتنا وتلاميذنا وتب علينا انك انت التواب الرحيم.  
 ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الأخرة حسنة وقنا عذابالنار.
عبادالله, إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفحساء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون, فاذكروالله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولذكرالله أكبر


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !